Aku sebelumnya nyaris tak percaya,ketika ada pengikutku di Twitter,yang mencuitkan sebuah pujian pada Pak https://twitter.com/leehsienloong,karena Beliau bisa bercakap dalam Bahasa Melayu secara fasih dan bagus (bahkan hampir Sempurna!),ketika aku mendengarnya sendiri di Youtube,aku benar-benar sangat tercengang,karena di masa kini masih ada yang bisa bercakap Bahasa Melayu bergaya klasik bak seorang pujangga di sebuah negeri yang sangat modern seperti Singapura.

Yang membuat aku semakin terkagum-kagum pada Pak Lee Hsien Loong ternyata Beliau mengetahui tidak semua Orang Melayu adalah Orang Islam,atau Beliau mengetahui Orang Islam Tak harus “Melayu” (seperti tak semua Orang Arab adalah Orang Islam). Penutur Bahasa-Bahasa Malayik tak semuanya Orang Islam sebagai contoh : Penutur-Penutur Bahasa Melayu Purba yang terdapat di Borneo (Iban,Salako dan Kanayatn serta yang lainnya),Penutur-Penutur Bahasa Tagalog dan Bahasa Bisaya di Pilipina serta Penutur Bahasa Melayu Manado.

Beberapa kali Beliau mempergunakan kata Melayu Islam,untuk Masyarakat Melayu Singapura.

Silah semuanya mendengarkan Pak Lee Hsien Loon Berpidato sampai selesai,dan Anda semua akan Tercengang! Karena Beliau hampir tidak mempergunakan satu kata atau satu kalimat pun dari Bahasa Inggris (seperti Singlish pada umumnya!)

Majulah Singapura!

Bahasa

Ketika Pak Lee Hsien Loong Bercakap Bahasa Melayu

Gambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s