Ini adalah Bahasa Inggris dengan Tata Bahasa dan Logat,yang tidak umum bagi kita,kemungkinan besar akan menjadi Bahasa Resmi Skotlandia. http://www.youtube.com/watch?v=cENbkHS3mnY

Kembali aku berbicara (dengan cara mengetik di dalam blog ini) tentang Bahasa dan Berbagai Hal yang ada hubungan dengannya,beberapa orang selalu menganggap bahwa Tata Bahasa adalah penting dan ada sebuah Logat yang terdengar aneh atau tidak sesuai Arus Utama. Beberapa orang mungkin akan Bawel atau Nyinyir tentang hal itu dan mereka menganggap cara mereka berbicara atau menulis adalah yang paling benar karena mengikuti Tata Bahasa Baku atau Logat yang menjadi Arus Utama mereka,mereka lupa setiap Puak,Suku Bangsa,Suku Kaum dan beragam kelompok Masyarakat lainnya mempunyai cara berbicara yang Khas.

Ketika mereka berbicara dalam sebuah Bahasa,di sisi lain cara bercakap atau berbicara Bahasa Ibu mereka atau Bahasa yang mereka pergunakan sehari-hari,secara tidak sadar atau sadar akan terbawa pula. Sebagai contoh orang-orang yang adalah Penutur Asli Bahasa Jerman atau Bahasa Sehari-hari mereka adalah Bahasa Jerman,biasanya saat mereka akan menanyakan nama seseorang,bentuk atau tata bahasa Jerman yang biasanya mereka pergunakan akan terbawa,mereka akan bertanya How Are You Called? Wieheisst Du? jika diterjemahkan kedalam Bahasa Inggris akan menjadi How Are You Called? Biasanya saat kita akan menanyakan nama seseorang dalam Bahasa Inggris,kita akan mempergunakan kata-kata What Is Your Name?

Ini seperti orang yang berasal dari Sumatera berbicara dalam Bahasa Indonesiadan mereka biasa mempergunakan kata Lah untuk mempertegas kata yang diucapkan atau sebagai akhiran sebuah kata,ini ada beberapa contoh ; Biarlah,Makanlah,Janganlah dan Masuklah serta Diamlah dan masih banyak contoh lainnya. Bagi orang yang berasal dari Jakarta atau lama tinggal di Jakarta,mereka ketika berbicara dalam Bahasa Indonesia,mereka biasa mempergunakan kata Dong untuk mempertegas kata yang diucapkan atau sebagai akhiran sebuah kata,ini ada beberapa contoh ; Biarin dong,Makan dong,Jangan dong dan Masuk dong serta Diam dong dan masih banyak contoh lainnya.

Bagi beberapa orang yang Fanatik dengan cara berbicara atau Tata Bahasa dan Logat yang sesuai dengan Ketentuan Baku mereka,cara berbicara orang yang agak berbeda atau berbeda dengan mereka akan anggap cara berbicara mereka adalah salah.

Kesalahan atau Tata Bahasa yang menyimpang dari Bahasa Aslinya,akan memunculkan sebuah Bahasa Baru atau Logat.

Tata Bahasa Dalam Dunia Melayu dan Irlandia

Dalam pandangan orang-orang yang berbicara dalam Bahasa Melayu Kelompok Timur (Maluku,Laratuka dan Makassar serta Papua),Tata Bahasa yang aku pergunakan dalam tulisan di blogku ini tidak sepenuhnya benar,karena berbeda dengan Bahasa Melayu Kelompok Timur dan Bahasa Indonesia adalah termasuk Bahasa Melayu Kelompok Barat (Bahasa Indonesia adalah sebuah Bahasa Melayu Riau-Johor yang mengalami Perubahan dan Penyempurnaan di sana-sini).

Ciri khas Bahasa Melayu Kelompok Timur adalah pengunaan atau peletakan kata Punya,ini ada beberapa contoh Kita Punya Orang Tua (Orang Tua Kita atau Kita Mempunyai Orang Tua-Bahasa Melayu Barat),Ayah Punya Tetangga (Tetangga Ayah atau Ayah Mempunyai Tetangga-Bahasa Melayu Barat),Jepang Punya Ini Barang (Barang Ini Buatan Jepang-Bahasa Melayu Barat).

Salah satu Ciri Khas Bahasa Melayu Kelompok Timur yang paling sering nampak selain pengunaan atau peletakan kata Punya,adalah pengunaan Kata Ini dan Kata Itu,ini ada beberapa contoh ; Itu Negeri,Ini Rumah dan Itu Cerita,serta Ini Rumah Punya Si Amri dan Itu Negeri Yang Tersebut Di Dalam Surat.

Kemudian marilah kita menengok Tata Bahasa Inggris dan Logat Bahasa Inggris yang tidak seperti biasa yang kita kenal,khususnya bagi kita yang sering menonton filem Hollywood dan mempergunakan Ketentuan Bahasa Inggris Amerika atau TOEFL,aku akan membahas tentang Bahasa Inggris Hiberno,yang adalah hasil Perkawinan Bahasa Jermania (Bahasa Inggris) dengan Bahasa Keltik (Gaelik).

Bahasa Inggris (British) memang mempunyai tempat yang terhormat secara Politik dan Sosial di Daratan Britania Raya dan Irlandia (Bahasa Inggris telah berhasil mengantikan peran Bahasa Latin sebagai Bahasa Resmi semua Kerajaan di Britania Raya dan Bahasa Keltik sebagai Bahasa Sehari-hari di Britania Raya),semua itu karena jasa William Shakesphere pula,karena jasa Beliaulah Bahasa Inggris bisa seperti sekarang (semuanya Karya Besarnya ditulis dalam Bahasa Inggris).

Di Irlandia meskipun Bahasa Asli mereka adalah Gaelik Irlandia (Bahasa Keltik Irlandia dari Cabang Goidelik) atau disebut pula,sebagai Irish Teanga,tapi Bahasa Inggris berkuasa secara Politik dan Sosial,di sisi lain Bahasa Gaelik Irlandia masih dipergunakan di beberapa tempat di Irlandia,dan Bahasa Inggris Hiberno adalah hasil perkawinan Bahasa Jermania dengan Bahasa Gaelik Irlandia,tepatnya Tata Bahasanya adalah Gaelik Irlandia (Keltik),tapi kata-katanya dalam Bahasa Inggris yang diucapkan dengan Gaya Irlandia (Logat Irlandia),ini ada beberapa contoh ; I am Going To Dublin Tomorrow,tapi kata-kata itu lebih sering diucapkan dengan cara ;

a) It’s Me That’s Going To Dublin Tomorrow

b) It’s Going That I am To Dublin Tomorrow

c) It’s To Dublin That I’m Going Tomorrow

d) It’s Dublin That I am Going Tomorrow

e) It’s Tomorrow That I’m Going To Dublin

Dan sebuah contoh lagi I am Sleeping Tonight At My Home,pada kenyataanya kata-kata di atas lebih sering diucapkan dengan cara ;

a) It’s Me That’s Sleeping At My Home

b) It’s Sleeping That I am At My Home

c) It’s Tonight That I am Sleeping At My Home

d) It’s At My Home That I am Sleeping Tonight

Sebuah Logat Bahasa Inggris yang unik kan? πŸ™‚

Sebenarnya aku tidak menulis atau mengetik untuk membahas tentang Bahasa Inggris Hiberno,Bahasa Keltik atau Bahasa Melayu,dalam tulisanku kali ini,aku hanya ingin memberikan Sudut Lain yang berkaitan dengan Tata Bahasa atau Logat,dan Tata Bahasa atau Logat yang baik atau benar,pada dasarnya sesuatu yang hanya ada di Pikiran Kita,karena setiap Ras,Bangsa,Kaum dan Puak,Suku Bangsa serta Suku Kaum mempunyai cara berbicara yang Khas,seperti cara berpikir mereka.

Iklan
Bahasa

Tata Bahasa Dan Logat (Aksen atau Dialek) Adalah Sesuatu Yang Ada Di Dalam Pikiran Kita

Gambar

3 thoughts on “Tata Bahasa Dan Logat (Aksen atau Dialek) Adalah Sesuatu Yang Ada Di Dalam Pikiran Kita

  1. FASCINATING ! – everything about the various Malay languages, etc., is well beyond me; but I grasp the concept of what you’re posting about, and it is REALLY good ! Where on earth do those videos come from ? πŸ™‚

    • perahucadik berkata:

      Thank You Mrs @M-R basically i just typing or writing about some various Grammars and Dialects from a Different View,then i picking English Hiberno,Scotland Language and Malay Language for compare it. My thought on this paper about,Grammar and Dialect is thing that only on our mind (with your Standard),because we using various Grammars and Dialects,even some Weird Grammar,Accent and Dialect πŸ™‚ for example English America and English Aussie. By the way,are you have blood from Irish or Scottish? πŸ™‚

      • Irish. My father’s family comes from Kilkenny, but three generations back. My mother’s family … everywhere ! – well, in Europe, that is.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s